Pantai Balekambang Malang, Tanah Lot-nya Jawa Timur

by 00.39 0 komentar
Pantai Balekambang Malang ini terletak di Kabupaten Malang tepatnya di desa Srigoco Kecamatan Bantur yang jaraknya kurang lebih 50 km dari Kepanjen dan 65 km ke arah selatan dari kota Malang Jawa Timur. Sama seperti di pantai Papuma Jember pada postingan sebelumnya untuk akses menuju pantai Balekambang Malang anda hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi atau motor, atau jika terpaksa anda bisa menyewa kendaraan dari Kepanjen Malang. Mungkin kedepannya akan ada pembangunan dari dinas pariwisata setempat untuk mengembangkan daerah wisata ini.
 
Pantai Balekambang Malang Jawa Timur - Bromotravelguide
Pantai Balekambang memang menjadi salah satu tujuan wisata di Jawa Timur yang difavoritkan di Malang setelah Pulau Sempu dan Gunung Bromo di Probolinggo Jawa Timur. Banyaknya wisata pantai khususnya di daerah selatan pulau Jawa menjadikan keunikan tersendiri bagi objek wisata pantai Balekambang Malang ini, hal ini dikarenakan hampir mirip dengan Tanah Lot di Bali.

Pesona Pantai Balekambang Malang

Pantai Balekambang ini memiliki sejuta pesona yang tidak kalah dengan wisata-wisata pantai di Jawa Timur. Selain suasananya yang masih asri, juga pantai Balekambang ini begitu terawat dan kelihatan bersih. Dengan pantai yang dangkal anda bisa bermain-main dengan air bersama keluarga.
Pantai Balekambang Malang Jawa Timur - Bromotravelguide

Dengan pantai yang membentang sepanjang 2 kilometer dengan lebar 200 meter daerah ini dipenuhi dengan berbagai macam karang laut dan terkadang ketika air surut anda bisa melihat berbagai macam ikan hias dan bio laut yang berkerumun. Deburan ombak pantai yang tidak terlalu besar membuat hati anda akan semakin rilek dan menikmati alam dengan nyaman.

Dari lepas pantai anda bisa melihat 3 buah pulau berjajar ke arah barat yang begitu menawan yang masing-masing mempunyai nama yaitu pulau "Ismoyo", pulau "Anoman" dan pulau "Wisanggeni". Pulau Ismoyo dihubungkan dengan jembatan sepanjang 100 meter dari bibir pantai dan di atasnya terdapat sebuah pura yang diberi nama "Amerta Jati". Pura ini tidak seperti halnya pura di Bali, karena dipengaruhi oleh candi-candi jaman Majapahit yang banyak terdapat di Malang.
Pura Amerta Jati Pantai Balekambang Malang Jawa Timur - Bromotravelguide

Ada yang menarik di balik kisah pura "Amerta Jati". Pura Amerta Jati atau Pura Ismoyo dibangun tahun 1985 atas prakarsa Bupati Malang Edi Slamet. Didesain mengikuti Pura Tanah Lot yang terkenal di Bali, pura ini juga merupakan tempat suci bagi umat Hindu dan sering digunakan sebagai tempat berlangsungnya kegiatan keagamaan. Saat hari-hari besar umat Hindu, pura ini akan terasa sangat ramai. Warga setempat yang masih memegang tradisi biasa menggelar upacara "Suroan" dan upacara "Jalanidha Puja". Jika sempat, Anda bisa berkunjung ke pantai ini di saat bulan Suro. Biasanya pada bulan ini Pantai Balekambang ramai didatangi wisatawan baik dari dalam negeri maupun mancanegara.
Upacara adat Pantai Balekambang Malang Jawa Timur - Bromotravelguide

Selain event di atas, pantai Balekambang Malang ini sangat menawan pada saat sunset tiba. Kecantikan dan pesonanya semakin spektakuler saat Matahari terbenam di balik cakrawala dan menyuguhkan siluet pura berlatar langit senja berwarna kuning keemasan. Penasaran??? :)
Sunset di Pantai Balekambang Malang Jawa Timur - Bromotravelguide

Fasilitas pantai Balekambang Malang

Fasilitas di pantai Balekambang Malang sudah bisa dibilang cukup memadai bagi para wisatawan yang berkunjung. Mulai dari warung dan kios-kios yang menyediakan makanan dan minuman sampai permainan anak-anak. Bahkan ada juga wahana "fliying fox", namun wahana ini hanya tersedia pada hari Sabtu dan Minggu saja.

Anda bisa berbelanja di kios-kios cendera mata di sekitar pantai Balekambang Malang ini dengan harga yang relatif. Bagi anda yang beragama islam di sana juga menyediakan musholla. Jadi para wisatawan tidak perlu khawatir tentang fasilitas yang ada di pantai Balekambang Jember ini.

Harga tiket pantai Balekambang Malang

Untuk pembangunan daerah wisata pantai Balekambang Malang ini diperlukan dana yang tidak sedikit, disamping juga perawatan dan kebersihan tempat ini, untuk itu setiap pengunjung dikenakan tarif atau harga tiket sebesar IDR15.000 per orang.

Adapun bagi mereka yang ingin menginap di pantai Balekambang juga menyediakan penginapan / hotel dengan harga berkisar IDR100.000 sampai IDR500.000 per malam tergantung fasilitas dan layanan yang diinginkan. Ada beberapa hotel yang bisa anda booking antara lain : Pantai Kondang Merak, Pantai Ngliyep, Pantai Bajul Mati, Pantai Gua China, dan Pantai Sendang Biru.

Rute menuju pantai Balekambang Malang

Rute ke Pantai Balekambang Malang Jawa Timur - Bromotravelguide

Pantai Balekambang Malang ini dapat ditempuh melalui arah Malang - Kepanjen dan Malang - Bululawang.

M. Ali Yusuf

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Posting Komentar