Panorama Jatiluhur dari Puncak Gunung Lembu

by 06.55 0 komentar

Gunung Lembu memang tidak semahsyur Tebing Parang yang telah menjadi lokasi panjat tebing para atlet dunia. Namun pesona panorama alam yang ditawarkan oleh gunung berketinggian kurang dari 1.000 Mdpl ini tidak kalah. Gunung Lembu berada di Kp. Panunggal RT 006/003 Ds. Panyindangan Kec. Sukatani Purwakarta.

Jangan tertipu oleh ketinggiannya, Gunung Lembu memberikan jalur pendakian yang cukup menantang dan melatih otot-otot kaki anda. Di Pos Pendakian kita wajib mendaftar pada tanggal berapa kita naik dan berapa orang peserta rombongan pendakian dengan membayar biaya pendaftaran hanya Rp 2.000/orang. Di pos tersebut kita akan diberikan peta jalur pendakian untuk membantu menunjukan pilihan jalur.
Jika ingin memilih jalur mendaki yang cukup menantang dengan kemiringan tanah sekitar 60 derajat anda bisa mengambil jalan lurus Batu Lembu. Jalur lain adalah melalui Pasirompang yang memberikan jalur sedikit memutar dan cukup landai. Pos Air Pasirompang menyediakan saung-saung, rumah pohon, mushola sederhana dan akses air untuk para pendaki beristirahat.
Setelah melalui jalur tanah dengan pepohonan yang cukup menyejukan, anda akan menemui jalur berbatu-batu besar yang turun lalu mendaki dengan jurang di samping. Jalur ini dimulai setelah melalui Punggung 3, dalam perjalanan menuju Punggung 3 ini anda akan menemui dua makam keramat Mbah Jongrang dan Mbah Raden Suryakencana.
Setelah melewati Punggung 3 dan jalur berbatu, anda akan menemui lokasi perkemahan yang cukup kecil. Untuk menikmati panorama alam, anda harus turun kembali menuju Batu Lembu. Di Batu Lembu yang luas ini anda bisa menyaksikan Waduk Jatiluhur, Tebing Parang dan alam sekitar.
Tertarik untuk berkunjung kesana? Anda bisa menggunakan mobil atau motor menuju Sukatani, belok kanan setelah keluar dari Tol Jatiluhur. Jika berangkat dengan kereta hingga Stasiun Purwakarta, anda bisa menyewa angkutan dari sana seharga Rp 250.000/mobil. Gunung Lembu juga memiliki jasa porter dengan bayaran Rp 100.000/orang. Batu Lembu bisa menjadi pilihan untuk pendakian kecil yang menyejukan mata.

M. Ali Yusuf

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Posting Komentar